Langsung ke konten utama

[Review Skincare] Zam Cosmetics | Minimalism Skincare | Daily Skincare Ibu Menyusui | Minimalism Indonesia

Assalamualaikum Hari ini kita akan kembali pada pembahasan konsep hidup minimalis. Yang sebetulnya beberapa bulan ini hidup saya enggak minimalis lagi karena banyak banget barang numpuk di kamar efek dari "New Baby" yang baru lahir dan dapat banyak hadiah dari temen temen. Nah kali ini saya akan lebih berfokus pada skincare. Sekarang ini punya baby mau pake skincare dengan urutan dan rentetan yang begitu panjang rasanya uda ga sempet. Tapi ngga pake skincare pun bikin kulit ga sehat meskipun makannya sudah setiap hari sayur dan konsumsi air mineralnya meningkat. Tapi tetep aja permasalahan saat hamil dan setelah melahirkan belum terselesaikan. Apalagi setelah hamil justru kulit semakin kering di bagian dahi, pipi dan dagu yang paling parah. Ditambah lagi dengan mata panda karena kurang tidur dan usia sudah memasuki 24 tahun . Rasanya perlu juga dong menjaga kulit tetap sehat meskipun sudah punya baby. Karena yang memandang wajah kita kan bukan cuma baby nya aja tapi jug

Perlengkapan Bayi Baru Lahir Anti Mubadzir | Ade Eka



Haiiii ... Assalamualaikum girls
Kali ini aku akan membagikan pengalaman selama beberapa minggu terakhir yang lagi disibukkan oleh euforia "Belanja Baju Bayi" karena sekitar 8 minggu lagi akan melahirkan.
Buat kalian yang sedang hamil muda, selamat yaaa dan semoga tulisan aku ini membantu kalian yang sedang hamil muda untuk mempersiapkan perlangkapan si kecil nantinya.

Kali ini aku akan berbagi tentang perlengkapan bayi baru lahir yang dibutuhkan versi "Aku" sendiri, jadi jika ada item yang menurut kalian enggak perlu yaa ngga usah dibeli, atau kalau ada yang menurut kalian kurang bisa kalian tambahin sendiri.

Disini aku akan berbagi sekaligus nanti aku akan cantumkan harga dan lokasi belinya dimana, ada beberapa yang aku beli di toserba, baby shop dan juga online shop.

Langsung saja, ini diaaaa

Yang pertama kita pasti butuh baju bayi, jadi disini aku beli beberapa baju bayi tapi enggak banyak juga , masing masing hanya 3 pcs karena si bayi akan cepet banget tumbuh besar. 

- Disini aku sediakan baju bayi setelan lengan panjang + celana panjang aku sediakan 3 stel aja harganya Rp 38.000/pcs dan aku beli di toserba Palapa di Surabaya.



- baju bayi yang kedua, aku sediakan baju kutung ini aku beli 3 pcs yang kancing depan dan 3 pcs untuk tali depan. Untuk yang kancing depan harganya 30.000/3 pcs dan yang tali depan model kimono 27.000/3 pcs. Untuk dua baju ini aku beli di Toko Surya Baby Shop di BG Junction Surabaya. Ini aku pakai saat nanti di bidan, biar nggak kerepotan dan ribet pakai baju panjang jadi aku sediakan ini 6 pcs biar bisa di pake dirumah juga. Tapi ini kecil banget ukurannya khusus newborn jadi kemungkinan cuma bisa dipake sampe usia 3 bulan aja (tergantung ukuran bayinya).



- Jumper Panjang Usia 0-3 bulan, ini aku beli jumper panjang satu paket isi 4 pcs harga per satunya 28.000 dan ini bahannya tebel banget, dan bentuknya kakinya kebuka. Ada juga yang bentuk kakinya ketutup kalau kalian gemes dan suka. Kalau menggunakan jumper dengan kaki yang ketutup enaknya ngga perlu di pakein kaos kaki.


- Romper Pendek, ini aku beli ukuran agak besar yaitu ukuran M sekitar 3-6 bulan. Nggapapa banget kalau kalian beli yang ukurannya agak besar karena bisa dipake sampe dia usia 6 bulan. Untuk Romper ini merknya sama dengan Jumper panjang tadi yaitu Y-Ling harganya 23.000/pcsnya aku langsung ambil satu slot isi 4 pcs dan motifnya untuk Yling ini model mobil mobil dan pohon pohon dalam satu slotnya, biar anaknya perempuan juga ngga akan protes .


- Celana Dalam / Celana Pop / Celana Kodok. Ini penting banget buat si kecil karena kan kita pasti butuh buat gonta ganti kalau dia lagi pipis biasanya yang basah celananya aja. Nah disini aku beli langsung satu lusin ukuran M ini untuk usia 0-1 tahun dan aku beli di shoppe harganya Rp 41.000/lusin dan aku disini langsung beli 2 lusin karena emang pasti nanti kita butuh banget yang namanya celana dalam bayi. ini dia Linknya
https://shopee.co.id/deasy_chira/1574590999?v=b56


- Celana Panjang. Nah celana panjang ini aku cuma beli 3 pcs aja dan ini ukurannya untuk 0-3 bulan harganya Rp 33.000/3 pcs. Untuk belinya aku beli di toko Surya Baby Shop di BG Junction Surabaya. Ini aku pakai kalau dia lagi kedinginan karena HPL aku di bulan Mei saat puasa dan saat Mudik Ke Malang usianya masih satu bulan jadi aku butuh celana panjang untuk disana supaya dia ngga kedinginan.


- Popok Bayi. Ini dia yang paling penting karena disini aku beli banyak banget popok bayi, mulai dari popok kain, popok plastik sampe clodi. Karena Suami maunya "Go Green" jadi suami ngga mau kalau si anak pake pampers atau popok sekali pakai dan aku pikir pikir juga menghemat pengeluaran bulanan tapi memang kerasa banget pengeluarannya di depan untuk beli popok popok ini.


Yang pertama aku stok popok kain sendiri sebanyak 2 lusin atau 24 pcs. Woww bener bener banyak banget kan yaaa untuk jumlah popok aja , dan aku beli di shoppe, ini dia Linknya :
https://shopee.co.id/deasy_chira/1614059391?v=078
Untuk harganya 26.000/lusin dan ini bagus banget bahannya katun dan gak tipiss banget seperti yang aku lihat di toserba toserba yang dijual secara ecer dengan harga 5.000-7.000/pcs nya. Aku recomendedkan untuk beli lusinan popok dan celananya di toko ini.

Yang kedua adalah popok plastik ikat. Popok plastik ikat ini bisa digunakan untuk bayi usia 0-1 tahun jadi disini aku beli sebanyak 4 pack karena 1 packnya isinya cuma 5 helai jadi aku beli 4 pack dengan total 20 helai yang aku punya. Untuk harganya adalah Rp 15.000/pcs dan aku beli di Shoppe lagi, ini dia linknya :
https://shopee.co.id/dewi_indobayi/1202693206?v=d02
Jadi sebelum pakai popok plastik ini dalemnya di lapisin popok kain atau lampin terlebih dahulu.

Yang ketiga adalah Clodi atau Cloth Diaper. Nah clodi ini dijual dengan berbagai macam harga dan model serta ukuran. Disini aku cari ukuran yang all size alias di bagian depannya terdapat banyak kancing yang bisa diatur ukurannya. Karena menurut aku lebih hemat dan bisa dipakai sampai dia usia 2 tahun atau ukuran Xl. Untuk clodi ini aku beli seharga Rp 12.500 (tidak termasuk insert) dan aku beli sebanyak 1 lusin dan insert clodi seharga Rp 7.000 aku juga beli 1 lusin di Shoppe, ini dia Linknya :
https://shopee.co.id/jembatanmerah/1520226861?v=78c
Jadi saat aku hitung hitung dengan suami untuk beli popok ini aja rangkumannya seperti ini :
Popok Tali 26.000 x 2 lusin = 52.000
Popok Plastik 15.000 x 4 pack = 60.000
Clodi 12.500 x 12 pcs = 150.000
Insert Clodi 7.000 x 12 pcs = 84.000

Jadi total uang yang dikeluarkan untuk beli popok popok adalah 346.000 , jika dibandingkan dengan pembelian popok sekali pakai tentu angka ini sangat hemat karena bisa dipakai sampai usia 2 tahun atau bahkan anak usia 1,5 tahun sudah mulai latihan Toilet training.

- Setelah popok kita juga butuh yang namanya Gurita, meskipun aku sendiri sebenernya enggak ngerti apasih fungsi gurita buat si bayi, jadi aku belikan cuma 3 pcs itupun yang rekatan dan harganya cuma Rp 7.000/pcs nya, ini aku beli di Toserba Palapa Surabaya. Lalu, ternyata sama mama aku dibelikan lagi setengah lusin gurita ikat dan aku sendiri juga enggak ngerti berapa harganya. Tapi kalau kalian yang pengen beli gurita Lusinan, di link shopee yang aku beli celana dan popok kain disitu juga jual untuk gurita ikat.


- Kaos Dalam / kaos singlet bayi. Aku stok 12 pcs atau satu lusin untuk kaos singlet bayi ini ukuran M atau setara dengan usia 3 bulan-1 tahun (tergantung besar bayinya). Tapi ternyata ini kecil banget bentuknya jadi kalau mau ukuran lebih besar bisa pilih size L.  Ini aku beli di shoppe harganya Rp 27.000/lusin dan ini linknya yaa :
https://shopee.co.id/deasy_chira/1566064014?v=01b


- Kaos Singlet / Kaos Main Bayi. Apa yaa namanya hehehe , disini aku ngarang aja namanya tapi bentuknya emang singlet dan bisa banget di pake buat sehari sehari buat kalian yang hidup di daerah panas kaya aku di Surabaya. Aku beli ukuran M selusin harganya Rp 36.000/lusinnya. tapi enggak aku pakai semua alias 3 pcs dulu biar bisa disimpen buat sepupu aku . Lagi lagi ini ukuran M nya ternyata kecil banget dan khusus bayi perempuan, jadi kalau kalian mau beli baju ini buat atasan sehari hari aku sarankan beli yang agak besar supaya bisa di pake sampe si anak usia 1 tahun lebih sedikit itupun kalau bayi kalian besar. Dan aku belinya masih di shoppe
https://shopee.co.id/deasy_chira/1566064014?v=01b


- Setelah baju dan lainnya, selanjutnya kita butuh Bedong. Tapi untuk bedong ini ngga perlu terlalu banyak. Disini aku cuma beli 4 pcs di Toserba Palapa Surabaya dan harganya Rp 25.000/pcsnya untuk bedong yang polos. Sekarang uda banyak banget macem macem bedong instan tapi aku lebih suka bedong yang manual begini karena kalaupun nantinya sudah engga kepake bisa dipake buat selimut ataupun alas tidurnya dia.


- Kaos Kaki + Kaos Tangan Bayi. Untuk kaos kaki dan tangan bayi ini aku cuma stok 2 model aja harganya 12.000/modelnya dan itu uda dapet satu set. Lalu aku tambahin kaos kaki bayi untuk usia 0-12 bulan sebanyak 3 pcs dan harganya per 3 pcsnya adalah Rp 23.000 dan untuk disini aku beli 2 pack jadi aku punya 6 kaos kaki bayi yang ukurannya bisa di pakai sampai usia 12 bulan.
https://shopee.co.id/dewi_indobayi/1202693206?v=d02


Karena dunia perbajuan dan perlengkapan yang dipakai si bayi uda lengkap, selanjutnya kita akan beralih ke perlengkapan Mandi si Bayi. Untuk perlengkapan Mandi bayi ini, disini aku punya :


- Bak Mandi si kecil, ini aku beli di toko kelontong deket rumah harganya cuma Rp 63.000 aja dan warnanya pinky pinky begini.
- Jhonsons Baby Set. Untuk perlengkapan mandi sampai bedaknya aku menggunakan brand dari Jhonsons Baby, jadi ada sabun mandi, shampoo, bedak, cream bayi, baby oil sampai lotion aku pakai dari Jhonsons Baby. Tapi untuk Cream Telon dan Minyak Telonnya aku menggunakan dari My Baby dan juga konicare, untuk yang penasaran harganya ini dia harganya :
- Jhonsons Baby Wash + Shampoo Rp 21.500
- Jhonsons Baby Oil 25.000
- Jhonsons Baby Lotion 22.000
- Jhonsons Baby Cream 25.000
- Jhonsons Baby Powder 5.000
- My Baby Minyak Telon 27.000
- Konicare Telon Cream 40.000
Ada bedak My Baby juga yang besar cuma aku lupa harganya berapa karena bedak ini aku beli uda lama dan untuk keperluan aku sendiri dan ternyata masih banyaakkk, lumayan lhaa buat si kecil hehe.

- Handuk Bayi. Jangan lupaaa beli handuk yaa moms untuk si kecil. Untuk handuk si kecil banyak banget pilihan bahannya disini aku pilih yang katun mudah menyerap air. Untuk harganya Rp 40.000 dan aku beli di toserba Palapa Surabaya.

- Waslap Rp 9.000/pcs .

- Perlak Bayi Rp 27.000 . Jangan lupa moms beli perlak bayi untuk setelah dia mandi. Kalau ini aku rasa beli satu aja uda cukup karena bisa di cuci dan cepet kering. Untuk perlak ini dijual dengan berbagai macam ukuran dan merk serta harga. Ada yang murah dan mahal. Itu semua tergantung kebijakan moms mau beli yang harga berapa dan model apa.

Setelah perlengkapan mandi, tentunya kita masuk ke perlangkapan tidur dan lain lainnya dia. Nah disini aku ngga beli perlengkapan tidur yang gimana gimana dan model apa aja. Jadi aku cuma sedia yang pertama :

- Bantal Bayi Peyang. Ini aku cuma beli 1 pcs aja dan harganya 29.000 kebetulan ini aku beli di KDS Mall Bojonegoro karena suami aku disana dan aku harus ngikut kerja suami aku disana.

- yang kedua aku beli Selimut Bayi. Jadi aku beli selimut bayi ini 1 pcs aja harganya 46.000 dan ini mau aku buat alas tidurnya si bayi biar ngga langsung ke springbed gthu. Dan saran aku pilih selimut dengan bahan fleece yang lembut, karena ini nyaman banget.
https://shopee.co.id/jembatanmerah/308453370?v=cee




- Alas Ompol. Nah ini juga penting banget, ini aku sampe stok 12 pcs sendiri karena mau aku gunakan sebagai lampin juga kalau kurang popoknya atau insert clodinya jadi bisa pakai alas ompol juga. Alas ompol juga ini bisa dibuat sebagai alas tidur diatas perlak bayi biar si bayi juga enggak kepanasan. Ini aku beli di Shoppe dan tokonya sama seperti aku beli popok plastik ikat dan harganya Rp 35.000/6 pcs jadi untuk 12 pcs harganya adalah Rp 70.000 .
https://shopee.co.id/dewi_indobayi/1597735995?v=a68


- Gendongan Bayi. Ini juga bagian penting yang wajib dipunya. Untuk gendongan bayi aku cari yang model Ergo Baby yang bagian bawahnya ada tatakannya begitu. Dan ini aku beli di Shopee seharga 145.000 . Sebenernya banyak model dan merk lain yang lebih mahal, tapi akhirnya aku pilih yang ini karena sekalian biar di satu toko untuk belanja dan ongkirnya. Untuk gendongan bayi aku bener bener cuma punya satu ini karena uda multifungsi banget menurut aku dan uda bisa digunakan sampai berat si anak 25 kg. Jadi satu gendongan aja uda cukup aku rasa ngga perlu koleksi berbagai macam gendongan.
https://shopee.co.id/jembatanmerah/1947775000?v=17b


- Bantal Menyusui (Optional). Bantal menyusui ini optional aja menurut aku, karna menyusui pakai bantal biasa aja juga bisa sebenernya. Cuma disini aku beli bantal menyusui ini harga 150.000 di tokopedia cuma aku lupa nama tokonya apa. Inipun aku juga free Apron menyusui dan gendongan bayi model jadul.


- Tas Bayi. Tas bayi disini aku cukup beli satu aja dan itu ukurannya 30 cm-an. Cukup lha untuk simpan simpan barang bayi kalau dianya mau diajak jalan jalan. Tas bayinya ini aku beli di Toserba Palapa dan harganya cuma Rp 70.000 tapi modelnya lucu dan bagus.

- Keranjang Baju Bayi. Jangan lupa moms disediakan juga untuk keranjang baju bayi yang sudah di cuci bersih, supaya enggak kotor dan kena debu. Aku iseng iseng beli keranjang bayi ini di Miniso harganya 139.000 untuk ukuran besarnya. Dan untuk keranjang kecil buat naruh sabun dan bedaknya dia aku beli yang ukuran kecil ada tutupnya begitu dan harganya Rp 29.900 .

- Hanger Bulat Rp 55.000

Perlengkapan Kesehatan Lainnya ini juga perlu di stok sejak dia lahir ya moms. Dan disini aku sudah stok beberapa
- Termometer 70.000
- Penyedot Ingus 20.000
- Kapas Bulat 20.000
- Kasa 20.000
- EO Ecalyptus 126.000
- Sikat Bayi 20.000
- Tisue Basah 15.000
- Cotton Bud 9.000

Nah itu tadi kira kira barang barang bayi baru lahir yang aku butuhkan versi aku. Semoga membantu teman teman dan calon moms yang akan segera melahirkan, semoga belanja dan persalinannya juga lancar.

Tips dari aku kalian bisa beli secara di cicil biar ngga lamgsung banyak gthu kesan belanjanya. Atau kalau kalian mau belanja saran aku langsung beli yang groair dan di online shop juga banyaak sekali grosir yang murah murah dengan kualitas bagus seperti yang sudah aku tulis di atas untuk nama nama tokonya, kalian bisa coba belannja disana larena emang recomended sekali.

Kalau semua barang sudah kekumpul, saran aku bisa di cuci semua dann disini aku cuci bajunya pake Sleek Baby Detergent yang tentunya bisa di dapet supermarket maupun mini market dengan harga yang berbeda pula di setiap tempat, kebetulan aku dapet harga 50.000 untuk detergent ini.

Untuk yang nanya total habisnya berapa untuk kebutuhan bayi yang aku beli ini, berikut rangkumannya buat kalian biar ngga susah susah Ngitung yah ..
Rincian Biaya
1. Baju Bayi Stelan Panjang 3 pcs x 38.000 = 114.000
2. Baju Bayi Kutung Kancing 30.000/3 pcs
3. Baju Bayi Kutung Ikat 27.000/3 pcs
4. Jumper Panjang 4 pcs x 28.000 = 112.000
5. Romper Pendek 4 pcs x 23.000 = 92.000
6. Celana Pop / Kodok 41.000/Lusin x 2 Lusin = 82.000
7. Celana Panjang 33.000/3 pcs
8. Popok Bayi / Popok Ikat Plastik / Clodi = 346.000
9. Gurita Rekat 3 pcs x 7000 = 21.000
10. Kaos dalam Bayi 27.000/Lusin
11. Kaos Singlet/Kaos Main Bayi 36.000/Lusin
12. Bedong 4 pcs x 25.000 = 100.000
13. Kaos Kaki + Tangan Bayi 2 pcs x 12.000 = 24.000
14. Kaos Kaki Bayi 23.000/3pcs x 2 pack = 46.000
15. Bak Mandi 63.000
16. Jhonson Baby Set 165.500
17. Handuk Bayi 40.000
18. Waslap 2 pcs x 9.000 = 18.000
20. Perlak Bayi 1 pcs x 27.000 = 27.000
21. Bantal Bayi Peyang 1 pcs = 29.000
22. Selimut Bayi 1 pcs = 46.000
23. Alas Ompol 70.000/Lusin
24. Gendongan Bayi 145.000
25. Bantal Menyusui 150.000
26. Tas Bayi 1 pcs x 70.000 = 70.000
27. Hanger Bulat 55.000
28. P3K 300.000
29. Sleek Baby Detergent 50.000
30. Keranjang Baju Bayi 139.000
31. Keranjang Perlengkapan Bedak Bayi 29.000
Total Rp 2.239.500

Nah kira kira sekitar segitu untuk biaya yang moms perlu sediakan untuk belanja perlengkapan bayi baru lahir, apalagi anak pertama pasti akan dipilihkan harga terbaik dan model terbaik serta sering kelewatan kalau belanja jadi over budget.

Oiyaa , disini aku sama sekali tidak menggunakan merk atau brand terkenal, jadi aku lebih kepada memaksimalkan fungsi. Untuk angka segitu aku rasa cukup hemat untuk pembelian perlengkapan Bayi yang bener bener aku butuhkan. Dan memang paling banyak adalah di bagian Popok karena memang aku butuh banget, kalau kalian enggak mau pake popok atau lebih menggunakan pampers sejak lahir juga ngga ada masalah. Dan aku belum beli atau sedia perlengkapan asi dan menyusui seperti pompa asi dan kantong asi, karena aku full mom di rumah, kalau kalian para. Pejuang Asip bisa di tambahkan untuk pembelian pompa asi dan kantung asi atau kalian bisa coba cari persewaan pompa asi elektrik karena itu sudah buanyak banget di sewakan dan harganya pun cukup mahal yaaa jadi bisa di coba sewa dulu kalau pengen hemat.

Kalau kalian merasa jumlahnya terlalu kecil kalian boleh tambahin sendiri, tapi kalau memang kalian mau tambahin sendiri kalian bisa pilih size yang lebih besar supaya cukup di bayinya dan nggak mubadzir.
Kalau untuk aku , aku sih kemarin ada beberapa barang yang memang aku beli dalam jumlah lebih banyak tapi dengan size yang lebih besar. Kalau kalian mau beli juga ngga kenapa kenapa asal jangan dibuka dulu kalau saran aku, jadi cukup satu lusin aja dulu yang dibuka. Jadi , ini dia perlengkapan extra yang aku beli :

- Training Pants size 100 (Setara dengan ukuran L) 12 pcs x 20.000 = Rp 240.000
- Celana dalam Bayi size L 1 Lusin Rp 42.000
- Kaos Dalam Bayi size L 1 Lusin 36.000
- Topi Bayi Karakter Rp 45.000
 Nah ini sangat optional, kalian enggak perlu beli untuk yang keperluan itu dulu, dan belinya bisa di cicil secara bertahap. Aku memang beli celana dalam agak banyak karena memang aku nanti pasti butuh banget karena enggak mungkin anak aku hanya pakai popok kain yang dilapisi popok plastik gthu aja pasti dia butuh celana dalam.

Kalau dirasa masih terlalu mahal, kalian bisa skip yang menurut kalian enggak perlu atau bisa kurangin jumlahnya. Tapi untuk aku pribadi harga itu uda termasuk murah banget jika dibandingkan dengan merk merk yang lain karena ini pun belum termasuk keperluan si Ibu Hamil yang tentunya jugaa sangat banyakk hehe.

So , terima kasih sudah membaca artikel aku tentang perlengkapan Bayi Baru Lahir yang dibutuhkan, semoga bermanfaat buat bunda atau moms yang segera melahirkan, semoga lahirannya lancar dan selalu sehat.

Xoxo
Ade Eka
Instagram Its.haiade
Email adeekarofianto@gmail.com

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daily Skincare Untuk Ibu Hamil

Hello Girls Sebelum membahas barang barang si bayi dan karena kemarin aku sudah melakukan review untuk Aloevera Gelnya Herborist, di tulisan kali ini aku akan membahas Skincare untuk ibu hamil. Nah untuk skincare ini insyallah aman aku gunakan, karena enggak ada komposisi yang macem macem, dan aku juga ngga akan membahas komposisi komposisi dan bahan apa aja yang boleh dan tidak boleh karena ku bukan dokter. Tapi disini aku hanya akan berbagi tentang skimcare yang biasa aku pakai, karena di kehamilan pertama ini aku merasa terkena bencana kekeringan pada wajah dan kulit bahkan sampe rambut. Jadi ibu hamil harus tetep keliatan segar dan cantik yaaaa .. Untuk skincare aku sendiri juga buka skincare yang harganya mahal, semua produk yang aku gunakan adalah produk lokal yang harganya super terjangkau dan sudah aku gunakan sebelum hamil, namun karena aku hamil jadi ada beberapa produk baru yang aku gunakan juga seperti alovera gel dan minyak zaitun. Langsung saja Yang pertama kit

MAKNA KAIN KAMPUH DI CETHO

     Setelah berbicara mengenai candi Cetho, selanjutnya mari kita mengenal kain yang sudah disebutkan dalam catatan yang pertama…             Kain Kampuh? Kebanyakan pengunjung akan bertanya Tanya untuk apa sebenarnya kain ini ? mengapa dibuat mirip sekali dengan prosesi memsuki candi seperti di Candi Borobudur yang saat ini wajib menggunakan kain yang di ikat pada pinggang?             Kain kampuh, sebenanrnya kain ini digunakan ketika umat hindu beribadah di candi ini, candi Cetho merupakan candi yang masih aktif digunakan umat hindu untuk beribadah. Kain kampuh ini adalah kain berwarna putih dan hitam dengan motif kotak kotak seperti catur. Setelah membayar tiket sebesar tujuh ribu rupiah, pengunjung akan diberi kain kampuh ini untuk di ikatkan pada bagian pinggang. Pemakaian kampuh ini untuk menjaga kesakralan Candi Cetoh serta menghormati kebudayaan. Penggunaan kain ini hukumnya wajib bagi para pengunjung, konon katanya dengan menggunakan kain ini pengunjung diharapkan mempu